Posted by : Faisal F. Amrullah Februari 18, 2013



Industri pop Korea Selatan adalah bisnis besar di Asia. K-Pop bahkan telah merambah ke Eropa dan AS, apakah ini akan membuat perubahan dalam cara industri ini memperlakukan artisnya?
Menjual single ada jalan bagi bintang pop untuk membuat uang hari ini. Kebanyakan artis menemukan bahwa tur dan menjual barang dagangan lebih menguntungkan. Jadi ketika datang ke konser, ukuran menjadi masalah.
Inilah sebabnya mengapa hari besar dalam kalender pop Korea adl Dream Concert, di mana sampai dengan 20 band tampil – dgn 66.800 kursi diadakan di Stadion Piala Dunia Seoul.
Remaja datang ke sini untuk kencan sekali setahun dalam sebuah kisah cinta nasional, di mana komitmen diukur dalam balon berwarna, dan pengabdian adalah mengetahui semua kata.
Sebagian besar band-band, seperti Super Junior dan Wonder Girls, adalah contohnya; diproduksi, anak2 manis dan girlband dengan rutinitas tarian dan lagu yg catchy.

Tetapi industri kpop juga memiliki sisi gelapnya: riwayat sengketa hukum atas kontroversi dan cara memperlakukan artis muda, yang masih berjuang.

Penjualan global terbesar industri kpop senilai lebih dari $ 30milliar (£ 18m) pada tahun 2009, dan angka itu cenderung dua kali lipat tahun lalu, menurut sebuah situs web pemerintah.
Pemimpin industri ini juga ambisius – bintang Korea memasuki pasar Jepang, Amerika dan Eropa. Bulan ini, agensi terbesar perusahaan Korea Selatan, SM Entertainment, mengadakan konser pertama di Eropa di Paris, bagian dari tur dunia selama setahun.
Pada bulan April, raja pop Korea, Rain, terpilih sebagai orang yang paling berpengaruh tahun ini oleh pembaca majalah Time. Dan awal tahun ini, boy band Big Bang mencapai daftar 10 album teratas di iTunes AS.
Korea gembira dengan ekspor musik yg bisa menjual image ini – dan ekonomi.
Tapi beberapa cerita terbesar K-Pop sukses dibangun dibalik apa yg disebut kontrak perbudakan, yang terikat pd bintangnya ke penawaran kontrak eksklusif panjang, dengan sedikit imbalan keuangan. Dong Bang Shin Ki di penghargaan MTV Jepang Dong Bang Shin Ki membawa kontrak mereka ke pengadilan.
Dua tahun lalu, salah satu grup yang paling sukses, Dong Bang Shin Ki, menuntut manajemen perusahaan mrk ke pengadilan, dengan alasan bahwa 13 tahun-kontrak mrk terlalu panjang, terlalu membatasi, dan hampir tidak memberikan keuntungan dari sukses mrk.
Pengadilan telah memihak mereka, dan meminta Fair Trade Commission mengeluarkan “model kontrak” untuk mencoba memodifikasi kesepakatan yg mrk dapatkan dari perusahaan manajemen mereka.
Orang dalam industri mengatakan meningkatnya keberhasilan K-Pop di luar negeri, dan pengalaman dengan perusahaan musik yang asing, juga telah membantu mendorong perubahan.
Sampai sekarang, belum ada banyak budaya negosiasi keras di Asia, terutama jika kamu baru untuk industri,” kata Sang-hyuk Im, seorang pengacara hiburan yang mewakili perusahaan musik dan seniman baik.
Sikap berubah, katanya, tetapi ada beberapa hal yang bahkan kontrak baru dan sikap baru tidak bisa diperbaiki. Grup Rainbow gadis berlatih di sebuah studio di Seoul selama berjam2.

Rainbow band dengan 7 anggota, dimana masing-masing penyanyi bernama dgn warna yang berbeda. Jika setiap kelompok dapat menyebabkan pot emas, apa Anda berpikir mereka akan.
Tapi Rainbow – saat ini berada dalam sebuah kontrak tujuh tahun dengan perusahaan manajemen mereka, DSP – mengatakan bahwa, meskipun jam kerja yang panjang selama hampir dua tahun, orangtua mereka “sedih” betapa sedikit mereka dibayar.
Seorang direktur untuk DSP mengatakan mereka berbagi keuntungan dengan kelompok, tetapi mengakui bahwa setelah perusahaan merekap biaya, kadang-kadang ada sedikit yang tersisa untuk artisnya.
K-pop mahal untuk diproduksi. Grup2 ini diproduksi, memerlukan tim manajer, asisten koreografer dan pakaian, serta bertahun2 pelajaran menyanyi, pelatihan tari, akomodasi dan biaya hidup.
Biaya produksi ini dapat menambahkan hingga beberapa ratus ribu dolar. Tergantung pada kelompok, beberapa perkiraan mengatakan itu adalah lebih seperti satu juta.
Tapi penjualan musik di Korea Selatan sendiri tidak menutup investasi itu. Untuk semua gairah mereka, banyaknya penggemar tidak cukup membayar untuk K-Pop.
Industri CD mengalami stagnan, dan situs musik digital dilihat sebagai jauh underpriced, dengan beberapa pengisian hanya beberapa sen lagu. Girlband 4minute melakukan konser di sebuah mall di Manila dan di Filipina
Bernie Cho, kepala distribusi label musik Kollective DFSB, penjualan musik online telah menjatuhkan harga mereka terlalu rendah dalam upaya untuk bersaing dengan situs musik bajakan.
“Tapi bagaimana kamu mengiris sebagian kecil dari sepeser ini, dan memberikannya untuk artis? kamu tidak bisa melakukannya, “katanya.
Dengan banyaknya tekanan pada harga musik dlm negeri ini, “banyak artis yg mendapat lebih banyak uang dgn berada satu minggu di Jepang daripada yang mereka lakukan dalam satu tahun di Korea“, kata Mr Cho.
Wakil perusahaan mengatakan konser dan iklan lebih banyak menghasilkan daripada penjualan musik. “Pasar luar negeri telah baik kepada kita,” kata seorang juru bicara. Korea Selatan musisi perlu menang di kandang sendiri, tetapi “Jepanglah di mana semua uang itu berada”.
Sebagai tindakan mulai membuat uang luar negeri, ia mengatakan ini “model bisnis rusak” – underpricing – adalah merayap ke dalam kegiatan mereka di luar negeri.
Seorang direktur kebijakan mantan serikat buruh utama Korea Selatan ‘, Moon Jae-Gap, percaya industri akan melalui pergolakan besar. “Karena pada saat ini, itu tidak berkelanjutan,” katanya.
Sampai itu terjadi, katanya, seniman akan terus mengalami kesulitan mencari nafkah.
Pemerintah Korea Selatan sangat ingin mempromosikan identitas baru di internasional, satu harapan bisa menyaingi image keren budaya Jepang.
Satu-satunya pertanyaan adalah apakah industri berakhir lebih terkenal untuk musik, atau untuk masalah tersebut.
source: bbc

this

Leave a Reply

Hanya Memastikan Kalau Anda Manusia :
Ciri orang yang BAIK dapat dilihat dari cara nya Berikomentar dan Selalu Meninggalkan jejak setelah membaca Artikel Di sini
"ƪ(˘⌣˘)┐"ƪ(˘⌣˘)ʃ" ┌(˘⌣˘)ʃ"

[1] Jika komentar kurang sopan, saya tidak akan bales / Delete. -_-"

[2] Jangan merugikan pengunjung yang lain atau Blog ini sendiri.

[3] Jika anda berkomentar dengan akun Blog (punya Blog) dan mau saya follow sertakan link blog anda. (asal mau followback ya..) :D

[4] No Spam please dan jangan memberi link palsu, Phising dan semacamnya ^^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Share This :

Follow Author :

Guest Book

Followers

Recent Post :

get this widget here

Advertise

Advertise
PT BAMA MAPAN BAHAGIA KEDIRI

FAYSKY Qr Code

FAYSKY Qr Code
Scan with your smartphone

Copyright © 2012 FAYSKY -fay-sky.blogspot.com- About this Blog - Privacy Policy FAYSKY